Home » » Ketua DPD LDII Kota Tanjungpinang Ceramah Agama Di Bulan Ramadhan Di Masjid Hidayatullah

Ketua DPD LDII Kota Tanjungpinang Ceramah Agama Di Bulan Ramadhan Di Masjid Hidayatullah

Written By Admin on Thursday, July 31, 2014 | 7:44 PM

Ketua DPD LDII Kota Tanjungpinang
Waktu bergulir dengan cepatnya. Detik demi detik, hari demi hari, jumat berganti jumat berikutnya (perasaan kemarin baru jumatan, sudah hari jumat lagi), bulan berganti tahun, tak terasa kita berada di bulan  Ramadhan. Rasanya baru kemarin kita berpuasa di Bulan Ramadhan dan berlebaran, sekarang sudah di  Bulan Ramadhan , Lebaranpun  sudah menghampiri dalam hitungan hari. MasyaAllah! Tanda-tanda kiamat makin kental dengan cepatnya waktu berlalu. Sebagaimana kita ketahui salah satu tanda bahwa mendekati kiamat/kiamat sudah dekat adalah terasa cepatnya waktu berlalu, selain tanda-tanda yang lain seperti makin banyaknya gedung menjulang tinggi,

Bagi kita warga LDII, Menjumpai bulan Ramadhan berarti kita mendapat kesempatan mendapat lipatan pahala besar. Namun juga lipatan dosa yang lebih besar dibandingkan dilakukan di luar bulan Ramadhan. Reward dan punishment yang sama besarnya, seperti dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW  bersabda: “… takutlah kalian pada bulan Ramadhan, maka sesungguhnya kebaikan dilipat-gandakan pada bulan Ramadhan tidak seperti dalam bulan-bulan lainnya, begitu juga kejelekan (juga dilipat-gandakan)”. (Hadist riwayat Thabrani). Puasa Ramadhan adalah sebuah kewajiban bagi seorang muslim yang sudah akil baligh. Agama Islam dibangun atas lima perkara (Rukun Islam) dan salah satunya adalah berpuasa Ramadhan. Berpuasa merupakan perwujudan ketaatan menunaikan perintah Allah SWT sebagai pribadi mukmin. 

Kewajiban berpuasa ini sudah diwajibkan sejak dahulu kepada orang-orang sebelum kita. .Rasulullah s.a.w bersabda: “Allah berfirman: Setiap amalan Anak adam adalah untuknya kecuali puasa. Maka sesungguhnya puasa itu untukku, aku sendiri langsung membalasnya …”.  Bagaimana agar Puasa Ramadhan kita berbuah Pengampunan Allah Dengan berpuasa Ramadhan kita berpotensi mendapat maghfirah/pengampunan dari Allah SWT apabila puasa kita dilandasi keimanan dan mencari pahala. Berpuasa hakekatnya bukan sekedar menahan lapar dan haus saja tanpa landasan, tapi harus betul-betul dilandasi keimanan dan mencari pahala dari Allah SWT. Bukan karena berharap pujian atau sanjungan, pamer, dan niat-niat tidak karena-Allah lainnya. مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَ Barangsiapa yang berpuasa karena iman dan karena berharap pahala, maka diampuni semua dosanya yang telah lewat. Rasulullah SAW pernah mengingatkan bahwa banyak umat Islam yang puasa namun hasilnya hanya lapar dan haus. Artinya puasa yang kita kerjakan dengan susah payah itu hanya sekedar menahan lapar dan dahaga. 

Rasulullah SAW. bersabda: “Banyak orang yang berpuasa tidak mendapatkan pahala puasanya kecuali lapar, dan banyak orang yang shalat malam tidak mendapatkan pahala shalatnya kecuali lelah melek . Jadi ada beberapa hal yang dapat membuat puasa kita hanya sekedar “menahan lapar dan haus” saja, seperti dijelaskan dalam hadits-hadis artinya yakni: berkata atau berbuat dusta/bohong, berkata/berbuat cabul, berbuat bodoh (melanggar aturan-aturan agama), dan bertengkar. MARI, kita sama-sama berusaha Raih 5 Sukses Ramadhan. Bulan Ramadhan yang hanya terjadi satu bulan saja dalam setahun. Ramadhan adalah bulan penuh rohmat & kemuliaan, penuh berkah, lipatan pahala, dan ampunan dosa. Kita harus punya target meraih kesuksesan di Bulan Ramadhan ini. Kami ketua DPD LDII mengajak untuk bersama-sama meraih 5 sukses di Bulan Ramadhan ini, yakni : 

Sukses Puasa. 
Usahakan puasa kita tidak bocor tanpa udzur dan berusaha menjauhkan diri terhadap larangan-larangan/hal-hal yang membatalkan puasa. 

Sukses Sholat Tarawih 
Sebulan penuh usahakan kita bisa melaksanakan sholat tarawih, tidak belang-bentong. 

Sukses Membaca Alqur’аn 
Yang sudah lancar membaca al-Quran usahakan minimal tamat/khatam satu kali, bagi yang masih belajar usahakan jadi lancar. Bukankah bagi yang masih belajar malah dapat pahala dua kali lipat daripada yang sudah lancar. 

Sukses Lailatul Qodar 
Di sepuluh malam yang terakhir kita usahakan mencari malam qodar baik dengan beritikaf di masjid ataupun di mana-mana tempat. Pahala itikaf hanya diperoleh di masjid, adapun pahala malam qadar bisa kita peroleh dimana-mana tempat baik di musholla maupun di rumah, namun biasanya kalau di rumah godaannya lebih besar. 

Sukses Zakat Fitrah
Kewajiban zakat jangan sampai terlewat baik tua maupun muda, kaya ataupun miskin, dewasa ataupun anak-anak bahkan bayi yang baru lahir semua terkena kewajiban zakat. Pahala di bulan Ramadhan kita akan melayang-layang di langit apabila belum menunaikan kewajiban zakat ini. 

Semoga kita diberi kekuatan, keshobaran, Rezeqi, keamanan, keselamatan, kelancaran, kebarokahan serta berhasil meraih 5 SUKSES di atas, serta dapat menghayati makna puasa ramadhan sehingga kita dapat bermetamorfosis menjadi pribadi yang lebih baik pasca melewati pemusatan latihan selama Bulan Ramadhan…aamiin.  Ungkap Hamzah Farid di hadapan ratusan warga LDII Kota Tanjungpinang pada solat teraweh pertama Ramadan di Masjid Hidayatullah Kota Tanjungpinang  dalam memberikan ceramah agama.

humas DPD LDII Kota Tanjungpinang 

Jamaah Tarawih



Sholat Tarawih

Tadarus Bersama

Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. LDII TANJUNGPINANG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger