Home » » Kriteria Syarat Berdirinya Ponpes

Kriteria Syarat Berdirinya Ponpes

Written By Admin on Friday, August 7, 2009 | 12:10 AM

Sekupang- Batam. Dalam kesempatanya menyampaikan kata sambutan dalam acara peletakan batu pertama pembangunan pondok pesantren Miftahul Huda Batam di Patam Asri Sekupang, Kakanwil Depag Propinsi Kepulauan Riau, Bapak Drs. H. Razali Wijaya menyampaikan di hadapan hadirin beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk berdirinya sebuah pondok pesantren.
“Pertama-tama, marilah kita menyampaikan rasa syukur kita pada Allah SWT, Alhamdulillah, dengan izin Nya siang hari kita berkenan dapat hadir untuk mengikuti acara peletakan batu pertama pondok pesantren Miftahul Huda di kota Batam. Semoga acara kita ini senantiasa diberkati dan diridhoi ya Allah SWT. Amin,” demikian beliau memulai kata sambutannya.

“Yang pertama, sudah barang tentu kami dari Kantor Wilayah Department Agama Propinsi Kepulauan Riau menyambut baik pembangunan pondok pesantren Miftahul Huda. Mudah-mudahan dengan terlaksananya pembangunan pondok pesantren ini akan menambah jumlah pondok pesantren yang ada di Kepulauan Riau. Sehingga dengan pondok pesantren ini nantinya kita harapkan umat Islam di Propinsi Kepulauan Riau akan lebih mampu mempelajari, mampu mendalami agama dengan baik dan benar. Untuk kami mengucapkan selamat dan tahniah kepada panitia, kepada Lembaga Dakwah Islam Indonesia.” ungkapnya.

“Yang kedua, bahwa pondok pesantren adalah termasuk salah satu Lembaga Pendidikan yang dikelola oleh Departemen Agama, disamping bentuk-bentuk lainnya seperti RA, Diniay, Perguruan Tinggi dan sebagainya. Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan yang diatur dalam peraturan pemerintah PP No. 55/2007.

“Untuk itu, mudah-mudahan, dalam kegiatan Pondok Pesantren ini nantinya dapat memenuhi 5 kriteria syarat yaitu :

1. Adanya Kiyai

2. Memiliki santri dan santriwati

3. Harus memiliki mesjid

4. Harus memiliki asrama, dan yang tak kalah pentingnya,

5. harus ada Perpustakaan

“Kemarin Bapak Menteria Agama baru saja memberikan penghargaan pada pondok-pondok pesantren diseluruh Indonesia. sebagai contoh kemarin Pondok pesantren Gontor yang sudah terkenal di seluruh Indonesia mendapat penghargaan dari Menteri Agama. Oleh karena itu, kita berharap, agar Pondok Pesantren Miftahul Huda ini nantinya bisa dikemas secara baik.”

“Semoga ponpes ini nantinya bisa ikut menciptakan masyarakat kepulauan Riau yang berakhlak mulia. Kami ucapkan selamat kepada LDII semoga apa yang kita laksanakan ini dapat mendapat ridho dari Allah SWT.” ungkapnya sambil mengakhiri kata sambutannya dengan sebait pantun.

“Kota Batam Kota Madani

Tanjung Pinang Ibukota Idaman

Karena Peletakan batu pertama pondok pesantren Miftahul Huda kita ke sini

Semoga dapat kita wujudkan tali persaudaraan”

….disambut tepuk tangan para hadirin. (rph/0109)
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. LDII TANJUNGPINANG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger